January 19, 2021

Albert Einstein: Biografi, Kata Bijak, Penemuan, Teori, dan Fakta Unik

beltwaysnark.com | Albert Einstein bukanlah nama yang asing lagi ketika didengar. Beliau merupakan seorang ilmuwan yang sering dibicarakan karena temuan-temuan hebatnya di bidang ilmu pengetahuan. Apalagi Einstein juga dianggap sebagai sebagai ilmuwan populer dan terbesar pada abad ke-20.

Biografi Albert Einstein

· Data Diri

Nama Lengkap : Albert Einstein

Tempat dan tanggal lahir : Ulm, 14 Maret tahun 1879

Tempat dan tanggal meninggal : New Jersey, 18 April tahun 1955

Nama Ayah : Hermann Einstein

Nama Ibu : Pauline Einstein

Nama Anak : Eduard Einstein, Lieserl Einstein, dan Hans Albert Einstein

· Tentang Keluarga Albert Einstein

keluargan einstein

Einstein adalah putra seorang Hermann yang mempunyai pekerjaan di bidang elektrokimia, serta terlahir dari keluarga Yahudi. Kemudian orang tua Einstein mendaftarkannya di sekolah Katolik, serta mulai belajar Matematika tentang menghitung saat berusia 12 tahun.

Pada saat itu, orang sekitarnya menilai bahwa Einstein tidak pandai dalam hal Matematika, karena hitungannya sering salah. Namun prediksi itu tidak benar pada kenyataannya. Keluarganya pun memberikan motivasi dan dukungan untuk terus mempelajari Matematika.

Hal itu dibuktikan dengan orang tuanya memberikan buku sains atau Matematika, dan membuat seorang Albert Einstein tambah semangat untuk belajar Matematika. Perlu diketahui juga bahwa ayahnya pernah gagal dalam pekerjaannya pada tahun 1884.

Maka ayahnya lalu memutuskan untuk pindah ke Pavia di Italia, namun Einstein tidak ikut sang ayah karena harus menyelesaikan sekolahnya terlebih dahulu sebelum tinggal bersama di sana.

· Pendidikan Lanjutan dan Karir

Setelah tamat dari sekolah, ia pun melanjutkan ke jenjang lebih tinggi di ETH, Swiss. EidgenössischeTechnische Hochschule atau ETH, tempat Einstein mengenal seorang wanita kebangsaan Serbia ahli Matematika.

Perkenalan tersebut pun membuat keduanya selalu berdiskusi tentang dunia sains kepada teman-temannya, termasuk Mileva salah satunya tahun 1901. Kemudian mereka berdua akhirnya memutuskan menikah, hingga mempunyai putri cantik yang dilahirkan 1 tahun kemudian.

Einsteins yang berhasil lulus dari ETH pun mulai mencari pekerjaan untuknya, namun sering ditolak karena ia selalu tergesa-gesa saat bekerja. Penolakan tersebut akhirnya membuahkan hasil atas kesempatan dipromosikan ayah temannya.

Pekerjaan baru itu memberikan Einstein job desk berupa menilai aplikasi paten dari berbagai alat berkaitan dengan pengetahuan bab Fisika. Albert pun berhasil memperoleh gelar doktor sambil bekerja.

Kata-Kata Bijak Albert Einstein

  • “Imajinasi merupakan hal yang lebih penting dibandingkan dengan pengetahuan. Hal itu karena dapat menjadi gambaran awal pada daya tarik di kehidupan di masa mendatang”.
  • “Hal gila adalah dapat melakukan hal sama secara konsisten serta berharap akan hasil yang berbeda”.
  • “Kamu bisa mengibaratkan hidup dengan diibaratkan seperti halnya ketika naik sepeda. Kamu harus terus bergerak, supaya keseimbangan tubuh terjaga”.
  • “Kesempatan selalu hadir menghampirimu saat sedang berada dalam masa sulit”.
  • “Tidak berhenti bertanya merupakan hal penting dalam kehidupan. Rasa ingin tahu mempunyai suatu alasan kenapa Anda harus ada”.
  • “Supaya Tuhan tetap anonim, kemudian diciptakan-Nya suatu kebetulan”.
  • “Kamu seharusnya tidak berusaha menjadi seorang manusia berhasil, namun berusaha untuk menjadi yang berguna”.
  • “Kamu dapat dikatakan telah paham  akan makna dari kehidupan, ketika sudah tidak menilai suatu usaha berdasarkan dari melihat hasilnya saja”.
  • “Membangun pengetahuan dan kegembiraan ekspresi kreatif adalah seni tertinggi menjadi guru”.
  • “Ketika kamu mengetahui keputusan kepada siapa seharusnya bercerita dan mempercayakan kepadanya atas rahasiamu. Maka pada saat itulah kamu merasakan suatu keindahan di dalam arti dari sebuah persahabatan”.
  • “Kamu disarankan menjadi seseorang bernilai, alih-alih mendapat  kesuksesan dalam hidupmu.”
  • “Saya masih sering dibuat penasaran oleh Tuhan tentang alasannya memutuskan untuk penciptaan dunia”.
  • “Bagi saya, hal yang benar-benar menarik yaitu apakah Tuhan mempunyai pilihan ketika penciptaan dunia”

Penemuan Albert Einstein

Albert Einstein menyumbang banyak ilmu pengetahuan, khususnya di dunia mekanika statistik, mekanika kuantum, serta kosmologi. Bahkan sampai dengan hari ini pun, berbagai karyanya dikembangkan secara terus-menerus dan mempunyai manfaat besar dalam dunia pendidikan.

Adapun penemuan Albert Einstein di antaranya seperti:

1. Pendingin Einstein

pendingin einstein

Daniel Kennefick seorang fisikawan di Universitas Arkansas mengatakan bahwa, ternyata Einstein pun dikenal juga mempunyai berbagai hal praktis selain teori. Daniel pun dikenal sebagai penulis buku berjudul Traveling at the Speed of Thought: Einstein and the Quest for Gravitational Waves”.

Selain itu Einstein juga seringkali melakukan eksperimen untuk menciptakan sebuah alat. Einstein bersama Leo Szilard yang merupakan seorang fisikawan dari Hungaria mengembangkan skema pendingin baru. Mereka membuatnya tanpa melibatkan dinamo dan kompresor.

Hal itu dibuat berdasarkan ide dengan memanfaatkan skema dari pemanasan air. Air pun akan berada pada tekanan rendah dan suhu lebih rendah pada saat mendidih. Sehingga mereka menempatkan butana sebanyak sebotol pada pemanas.

Kemudian hal itu dipanaskan di bawah uap dari amonia dengan tekanan rendah. Keduanya pun akhirnya berhasil menciptakan suatu pendingin tanpa disertai kompresor. Skema pendingin yang dikembangkan kemudian dibuat hak patennya oleh Einstein.

2. Lensa Gravitasi

lensa gravitasi

Einstein tidak menciptakan langsung ide tentang lensa gravitasi, ia mengetahuinya karena diceritakan oleh insinyur muda berasal dari Ceko bernama Rudi Mandl. Mandl sendiri pernah mempelajari teori tentang relativitas umum.

Hal itu membuat Mandl mempercayai bahwa apabila suatu objek bisa membelokkan cahaya yang berada di sekitarnya, jika objek itu cukup besar. Einstein sendiri bahkan belum pernah berpikir mengenai teori itu.

Namun setelah mendengar cerita dari Mandl, Einstein pun kemudian menghitung tentang proses kerja itu. Teori lensa gravitasi juga menjadi andalan di dalam dunia astronomi modern pada akhirnya. Selain itu juga dipakai sebagai dasar dalam penemuan planet ekstrasolar.

3. Bose-Einstein Condensate

Bose Einstein condensate

Einstein menciptakan karya Bose-Einstein Condensate bersama dengan seorang bernama Satyendra Nath Bose, yang merupakan seorang fisikawan berasal dari India. Teori tersebut memakai metode penghitungan partikel cahaya atau statistik foton.

Albert Einstein akhirnya sadar bahwa partikel yang seukuran rambut ketika didinginkan di atas nol absolut, yaitu sebesar minus 273, 15º C maka partikel itu akan jatuh kembali ke posisi energi rendahnya.

Hal itu berarti apabila ada satu partikel besar dengan kumpulan partikel sama akan membentuk sesuatu materi yang baru. Teori tersebut akhirnya dikenal semua orang dengan nama Bose-Einstein Condensate.

Para ilmuwan bahkan membutuhkan waktu selama 70 tahun untuk membuktikan keberadaan dari superfluid tersebut. Fisikawan itu pun diganjar dengan nobel berkat semua usahanya pada tahun 2001.

4. Usaha Grand Teori yang Belum Terselesaikan

Albert Einstein belum pernah berhasil dalam menemukan tentang penciptaan Grand teori, yaitu tentang menyatukan empat gaya fundamental. Gaya tersebut yaitu seperti elektromagnetik, gravitasi interaksi kuat, dan interaksi lemah.

Dalam hal ini, Einstein bahkan sudah menghabiskan waktu selama bertahun-tahun untuk dapat memecahkan masalah itu dan belum pernah berhasil memecahkannya. Kemudian ia wafat sebelum berhasil menjadi penemu tentang Grand teori.

Teori Albert Einstein

Einstein mempunyai teori yang diberi nama teori Relativitas, dan mempunyai dua konsep di dalamnya. Konsep tersebut yaitu:

· Konsep ke-1

Konsep pertama yaitu hukum Fisika berlaku pada setiap objek dalam seluruh kerangka dengan acuan inersia (gerakan memakai kecepatan tetap) terhadap lainnya.

Hal itu berarti persamaan Fisika akan selalu sama bentuknya meskipun diamati ketika dalam keadaan bergerak.

· Konsep ke-2

Konsep kedua menyebutkan bahwa cahaya di dalam ruangan hampa mempunyai kelajuan yang selalu sama pada seluruh pengamat, serta tidak tergantung terhadap gerak dari sumber cahaya maupun pada pengamatnya kecepatan cahaya (dengan simbol c sebesar 3 x 108 m/s).

Sehingga Einstein menyatakan bahwa benda tidak ada yang bermassa yang bisa menyamai dan menempuh kecepatan cahaya berdasarkan pada dua konsep di atas. Teori Relativitas bahkan bisa menjadi penyebab akan adanya perubahan persepsi terhadap berbagai hal yang dialami setiap harinya.

Contohnya adalah pemuaian waktu, relativitas kecepatan, relativitas massa dan energi, serta kontraksi Lorentz.

Fakta Unik Albert Einstein

· Pernah Gagal dalam Ujian serta Terlambat Berbicara

Tidak ada yang menyangka bahwa jenius seperti seorang Einstein ternyata pernah mengalami kegagalan untuk pertama kalinya ketika mengerjakan ujian seleksi masuk perguruan tinggi. Ia mendaftar ke Politeknik Zurich saat berusia 16 tahun.

Kegagalannya yaitu di dalam bagian soal tentang botani, bahasa, dan zoologi. Meskipun begitu, namun Einstein tetap dapat memecahkan soal-soal Matematika dengan baik.

Selain pernah gagal masuk universitas, Einstein juga pernah mengalami keterlambatan dalam berbicara sewaktu kecilnya. Ia dapat berbicara secara lancar saat berusia 4 tahun. Sindrom Einstein digunakan sebagai nama untuk kondisi itu belakangan ini.

Sindrom tersebut menjadi penyebab seorang anak mempunyai kecerdasan tinggi, yang mengalami keterlambatan di dalam perkembangan tentang fungsi bicaranya.

· Mahir Memainkan Biola dan Senang Berlayar

Selain ahli ilmu Fisika, Einstein ternyata mahir di dalam memainkan musik. Bakat musiknya ternyata didapatkan dari ibunya, seorang pianis handal. Ia bahkan sudah mulai mempelajari biola sejak berusia 6 tahun.

Einstein bahkan sering memainkan biolanya saat di sela waktu penelitiannya, karena hal itu dapat membantunya memikirkan teori-teori. Biola kesayangannya itu diberi nama Lina. Selain bermain biola, Einstein ternyata juga menyukai berlayar dan memulai sejak berumur 8 tahun.

Kesenangan akan berlayar membuat Einstein mempunyai kapal layar sendiri ketika tinggal di daerah Amerika. Ia juga terbiasa menuangkan berbagai pikirannya pada buku catatannya.

Selain itu hal lain yang dilakukan adalah memikirkan berbagai teori alam semesta sambil berlayar. Sama seperti biolanya, Einstein pun memberikan nama Tinned pada kapalnya.

· Tidak Senang Memakai Kaus Kaki

Einstein selalu mengenakan sepatu agak tinggi dan memilih menyembunyikan kaki tanpa kaus kakinya. Alasannya tidak senang memakai kaus kaki karena kaus kakinya sering rusak disebabkan oleh kaki jempol berukuran besar.

· Selalu Tidur Selama 10 Jam pada Setiap Malam

Einstein ternyata beristirahat selama 10 jam setiap malamnya, bahkan ia juga selalu tidur ketika siang hari. Sehingga waktu tidur cukup yang dimiliki dapat membuatnya bisa berpikir lebih tajam dan jernih.

· Pernah Mendapat Tawaran Menjadi Presiden Israel

Einstein pernah ditawari untuk berkesempatan menjadi kepala negara di Israel saat tahun 1942. Namun kesempatan itu ditolaknya karena beralasan tidak mempunyai kemampuan dalam dunia politik.

Kisah tentang Albert Einstein ternyata tidak berhenti sampai wafat, kejeniusan yang dimilikinya ternyata membuat banyak penasaran. Hingga terjadi pencurian mata dan otak pada jasadnya, hal itu dilakukan oleh seorang dokter bedah dengan tujuan penelitian.

Artikel Selanjutnya:

SHARE:
Pengetahuan 0 Replies to “Albert Einstein: Biografi, Kata Bijak, Penemuan, Teori, dan Fakta Unik”