January 19, 2021

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik Berbagai Media

beltwaysnark.com | Apa sih aplikasi edit foto terbaik saat ini? Pasti jawabannya macam-macam, tergantung selera dan kebutuhan. Mungkin ada yang masih menjawab Photoshop, karena sejak dulu aplikasi ini sudah profesional dalam hal mengedit foto dan menjadi sahabat para editor.

Saat ini banyak aplikasi untuk mengedit foto yang semakin canggih. Aplikasi-aplikasi tersebut menghadirkan fitur, gaya, efek, dan pencahayaan yang sangat berbeda kepada fotografer. Ingin tahu apa saja aplikasi tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Aplikasi Edit Foto PC

Jika kamu seorang fotografer, mengedit foto adalah bagian dari pekerjaan. Melalui pengeditan, kamu dapat menyesuaikan eksposur, white balance, warna, dan indikator lainnya untuk menyempurnakan foto yang sudah mengagumkan.

Mari lihat beberapa perangkat lunak pengedit foto terbaik yang tersedia untuk PC:

1. Adobe Photoshop CC 2020

PC: Prosesor Intel Core 2 atau AMD Athlon 64 2 GHz, RAM 2GB (disarankan 8GB), Windows 7 hingga 10 | Mac: Multi-core Intel 64-bit, RAM 2GB (disarankan 8GB), OS X 10.11 atau lebih tinggi | Hard Disk: 4GB | Resolusi layar minimum: 1024 × 768 piksel.

Keputusan Adobe untuk menjadikan Photoshop CC sebagai produk khusus langganan masih kontroversial hingga kini. Meski begitu, Photoshop masih menjadi yang paling kuat dan terus ditingkatkan dengan berbagai fitur profesionalnya.

Meskipun Photoshop dikenal cukup rumit dalam penggunaan fiturnya, sebenarnya Photoshop menyediakan fitur antarmuka yang sangat bersih dan halus, serta dapat memudahkan penggunanya dalam mengedit foto.

2. Affinity Photo 1.8

PC: Prosesor tanpa kutipan, RAM 2GB (disarankan 4GB), Windows 7 SP1 hingga 10 | Mac: Core Duo 2 64-bit atau lebih tinggi, RAM 2GB, OS X 10.9 atau lebih tinggi | Hard disk: 670MB | Layar minimum Resolusi: 1280 × 768 piksel.

Affinity Photo dapat memberi fungsi yang persis sama dengan Photoshop, tetapi kamu dapat berlangganan dengan pembayaran yang sangat terjangkau. Affinity Photo lebih terjangkau dibanding Photoshop, tetapi memiliki alat dan fitur yang bersaing langsung.

Dilengkapi alat kloning, perbaikan dan retouching, alat inpainting yang secara otomatis memperbaiki objek, dan peran likuifaksi khusus (area kerja) untuk efek distorsi gambar parsial, sangat terfokus pada pasar retouching.

Affinity Photo adalah editor foto yang sangat kuat dengan lebih banyak alat dan fitur dari penumpukan fokus hingga segmentasi frekuensi kelas atas. Versi 1.8 adalah pembaruan gratis untuk pengguna, dan juga membawa banyak peningkatan lainnya meski gratis.

3. DxO Nik Collection 3

PC: Intel Core 2 atau AMD Athlon 64 X2, RAM 4GB (disarankan 8GB), Windows 7 64-bit SP1 hingga 10 | Mac: Intel Core i5 atau lebih tinggi, RAM 4GB (disarankan 8GB), OS X 10.12 atau lebih tinggi Versi | Hard Disk: 4GB | Resolusi Layar Minimum: –

Koleksi DxO Nik adalah versi terbaru dari suite Nik yang diakui, yang telah diperbarui secara menyeluruh untuk menyertakan alur kerja baru dan alat baru. Nik berisi tiga alat kreatif yang sangat bagus dan kuat, yaitu Efex Pro Analog yang sangat baik dengan efek analog/kamar gelap.

Color Efex Pro adalah kumpulan filter yang sangat kuat yang dapat digunakan sendiri atau kombinasi. Silver Efex Pro masih merupakan plug-in hitam putih digital terbaik yang pernah ada. Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang sudah memiliki skill editor menengah.

Aplikasi Edit Foto Android

Saat ini aplikasi edit foto di Android tidak kalah fungsinya dengan komputer. Dengan bantuan teknologi AI, aplikasi di smartphone dapat menjadi lebih kompleks. Oleh karena itu, proses pengolahan fiturnya menjadi lebih sederhana.

Berikut adalah beberapa aplikasi untuk edit foto yang kami rekomendasikan, kamu dapat mencoba aplikasi ini langsung di smartphone.

1. Snapseed

Aplikasi pengolah foto profesional ini dirancang oleh Google. Banyak fotografer profesional menggunakan aplikasi ini. Karena alatnya yang tergolong lengkap, banyak orang merekomendasikannya sebagai aplikasi pengolah foto terbaik.

Alat canggihnya adalah untuk membuka dan memproses file RAW DNG tanpa merusak file aslinya, dan menyimpannya dalam format RAW atau JPG. Selain itu, fungsi kuas juga memiliki opsi seperti eksposur, saturasi, kecerahan, dan kehangatan.

Filternya juga sangat lengkap, dimulai dengan film asli dan Retrolux di tahun 1960. Meski kebanyakan orang menyukainya, beberapa orang menganggap aplikasi ini terlalu rumit. Salah satu kekurangannya, yaitu Snapseed tidak memiliki fungsi penyimpanan otomatis.

2. Adobe Lightroom

Selain Photoshop, Adobe juga merilis Adobe Lightroom. Meskipun banyak memiliki fungsi yang sama, namun Lightroom memiliki fitur yang lebih lengkap, sehingga banyak fotografer profesional yang lebih memilih Lightroom. Dari peningkatan warna hingga geometri foto dapat diubah melalui aplikasi ini.

Selain itu, Lightroom juga mendukung ekstensi file RAW. Dengan layanan cloud Adobe, file dapat disimpan secara otomatis. Layanan cloud Adobe juga memungkinkan untuk mengakses file-file ini dengan mudah di aplikasi lain, termasuk PC.

Sayangnya, kelebihan di atas harus dibayar dengan cukup mahal. Untuk mendapatkan akses penuh, kamu harus berlangganan dan memperbaruinya menjadi pembayaran berulang. Namun, jika kamu seorang fotografer profesional, harga ini cukup terjangkau karena fiturnya yang luar biasa.

3. VSCO

Memiliki fitur efek layaknya film layar lebar, seperti fitur kontras, saturasi, dan bitnik, VSCO juga menyediakan lebih dari 200 preset yang dapat diterapkan pada foto. Berbagai corak yang tersedia dapat membuat foto kamu menjadi indah secara instan.

Selain itu, efek foto analog juga dapat membuat foto smartphone terlihat seperti foto profesional. Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Tak heran, banyak artis, selebgram dan fotografer yang menggunakan aplikasi ini.

Namun sayangnya, jika kamu hanya menggunakan versi gratis, kamu hanya dapat menggunakan preset terbatas. Kamu harus rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan preset yang lebih bagus lagi.

Aplikasi Edit Foto Online

Ada banyak software edit foto yang bisa kamu pilih, sebagian berbayar dan sebagian gratis. Namun sayangnya, aplikasi edit foto biasanya berbelit-belit karena perlu diinstall terlebih dahulu, apalagi jika kamu sering menggunakan komputer atau PC untuk mengedit foto.

Menariknya, di era canggih ini, mengedit foto tidak perlu lagi serumit itu. Saat ini sudah banyak website yang menyediakan pengeditan foto real-time online. Apa saja website pengeditan foto itu? Cek daftarnya di sini.

1. Pixlr

Pixlr adalah layanan pengeditan foto online yang bisa kamu pilih. Layanan edit foto online ini sangat lengkap seperti fitur crop, filter, kolase, mengubah saturasi warna, menambahkan teks, dll. Banyak pilihan yang tersedia dan tentunya gratis.

Selain itu, Pixlr juga memberikan fitur-fitur menarik yang jarang terlihat di layanan edit foto online lainnya. Fungsi tersebut antara lain fungsi efek foto (seperti efek foto Instagram), fungsi menggambar, fungsi stiker, dan fungsi untuk menambahkan gambar dari layanan penyedia gambar.

Pixlr juga menyertakan fungsi layer seperti aplikasi Photoshop. Bagi yang familiar dengan Photoshop dan ingin mencoba aplikasi edit foto online yang mudah digunakan, Pixlr adalah pilihan yang tepat. Kamu dapat mencoba Pixlr dengan mengunjungi pixlr.com.

2. Canva

Siapa yang tidak kenal aplikasi satu ini? Canva Photo Editor adalah layanan pengeditan foto online berkualitas tinggi yang dipilih banyak orang. Mengapa? Karena Canva menyediakan fungsi pengeditan foto yang universal dan mudah digunakan. Kamu dapat mencoba Canva dengan mengunjungi https://www.canva.com/photo-editor.

Selain itu, Canva juga menyediakan fungsi lain selain pengeditan foto. Fitur ini memiliki templat pengeditan untuk media sosial, templat resume, templat brosur, dll. Kamu mungkin akan langsung tertarik, karena fiturnya dapat digunakan dengan mudah.

3. Fotor

Berikutnya ada Fotor yang menyediakan aplikasi edit foto online melalui browser. Di Fotor, kamu dapat menggunakan berbagai alat, seperti kolase foto, menambahkan filter, efek menarik, dan mengedit foto dengan alat yang lebih canggih.

Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah kamu dapat membuat brosur, poster hingga kartu nama yang cocok untuk para pegiat media sosial. Tapi sayangnya, ada beberapa kekurangan dari Fotor. Di sini ada batasan/limited ukuran foto yang diupload. 

Oleh karena itu, pengguna tidak boleh mengunggah gambar yang lebih besar dari 19MB. Selain itu, Fotor hanya mendukung beberapa format foto yang dapat diekspor. Meski begitu, kamu tetap bisa menggunakannya secara gratis di situs ini.

Aplikasi Edit Foto Ringan

Aplikasi edit foto ringan menjadi hal yang paling dicari oleh editor pemula, karena fiturnya lengkap dan tidak memuat PC atau Android keberatan. Beberapa fitur seperti edit background, mengedit filter, membuat kolase hingga Lightroom dapat diakses melalui aplikasi di bawah ini:

1. Photo Lab Picture Editor

Lab Foto menyediakan berbagai filter sketsa warna yang tidak tersedia di banyak aplikasi pengeditan foto lainnya. Hal inilah yang menjadikan Photo Lab sebagai aplikasi editor foto terbaik yang menyediakan berbagai macam filter sketsa bagi yang suka menggambar foto dengan pensil.

Photo Lab ini dapat menghasilkan foto yang unik. Hal menarik lainnya adalah aplikasi ini lebih praktis, lebih cepat, dan sangat mudah digunakan.

2. PicSay

Picsay, aplikasi edit foto Android ringan ini menjadi aplikasi teratas untuk 1 juta pengguna Android. Kamu pasti setuju dengan fitur Picsay Pro sebagai aplikasi paling keren sejak kemunculannya.

Fungsi-fungsi yang tersedia pada aplikasi ini sangat lengkap, tidak hanya filter saja, tetapi juga beberapa fungsi seperti menambahkan teks, tag, cropping, dll. Selain itu, Picsay Pro juga sangat mudah digunakan.

Jadi bagi yang masih awam dengan editing foto bisa langsung menjalankan aplikasinya tanpa kesulitan apapun. Sekalipun aplikasi ini menyediakan banyak fungsi pengeditan yang sangat berguna, kamu tidak perlu khawatir kehilangan banyak memori smartphone.

3. FotoRus

FotoRus saat ini menjadi software edit foto yang populer. Aplikasi ini menyediakan berbagai filter luar biasa, stiker lucu dan keren, efek kecantikan, dan fungsi lainnya. Tentunya semua itu dapat kamu akses dengan mudah dan tidak memakan tempat di memori smartphone kamu.

Alasan aplikasi Fotorus lebih populer di kalangan anak muda adalah karena aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat foto dengan berbagai gaya dan bentuk kolase yang keren. Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang hanya ingin mengedit foto biasa.

Banyak sekali aplikasi edit foto yang bisa kamu pilih, mulai dari yang biasa hingga yang profesional dan berbayar. Semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, jika kamu ingin menjadi editor handal, tentunya harus ada usaha dan pengorbanan lebih untuk membeli aplikasi profesional.

Artikel Selanjutnya :

SHARE:
Teknologi 0 Replies to “Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik Berbagai Media”